Peuayon Aneuk (Menidurkan Anak) Di Pekan Kebudayaan Aceh Budaya Yang Masih di Jaga

Dani Syah
Ajang Perlombaan Peayon Aneuk Yan Dilaksanakan Pada PKA ke 8 di Museum Aceh Banyak Menarik Minat Penonton (Foto: dani syah/ inews.id)

Dalam event Peuyon Aneuk pada PKA Ke 8 yang diikuti oleh 20 Kabupaten dan Kota se Aceh, Kabupaten Aceh Jaya berhasil meraih juara pertama lomba Peuayon Aneuk (mengayun anak), Sementara juara kedua diraih oleh Kabupaten Pidie Jaya dan juara tiga oleh Kabupaten Aceh Selatan.


Aceh Jaya Menjadi Juara 1 Dalam Perlombaan Peuayon Aneuk, Disusul Pidie Jaya Meraih Juara 2 dan Aceh Selatan Meraih Juara 3 (Foto: Disbupar Aceh)

Untuk posisi harapan I dan II masing-masing diraih oleh Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Barat.

Menurut salah satu Dewan Juri Dr. Harbiyah Gani menyebutkan penilaian perlombaan ini dilakukan sesuai dengan judul lomba yaitu Peuayon Aneuk.

 

"Tidak terlalu memfokuskan kepada suara dan lantunan irama melainkan isi dari syair yang dibawakan oleh para peserta," katanya.

 

Seluruh peserta banyak yang membawakan syair yang berisikan pesan agama, kisah heroik masyarakat aceh, kisah kepahlawanan orang aceh jaman dulu serta nasihat kehidupan, dan sejarah-sejarah islam.

“Walaupun bayi belum bisa berbicara tetapi dia mendengar hatinya merekam. Sang anak itu banyak pengaruhnya dari peuayon aneuk,” sambung Harbiyah

Editor : T Dani

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network