Warga Berhasil gagalkan upaya penipuan modus transfer saldo melalui Aplikasi Dana

Armia Jamil
Polisi mengamankan pelaku penipuan modus transfer saldo melalui Aplikasi Dana, yang nyaris diamuk massa, di jalan Samudera, Kecamatan Banda Sakti, kota lhokseumawe. (foto : Armia Jamil)

Upaya penipuan dengan modus pengisian saldo aplikasi dana di jalan Samudera, Kecamatan Banda Sakti, kota Lhokseumawe, berhasil digagalkan warga . Pelaku nyaris dihajar massa. Dalam menjalankan aksinya, pelaku meminta dikirimkan saldo sebesar 700 ribu rupiah, namun setelah saldo dikirim, pelaku berupaya kabur dengan memanfaatkan kelengahan pemilik konter.

Pemilik konter Muhammad Gunawan menyebutkan, pelaku yang mengaku sebagai warga Riau tersebut,  awalnya minta dikirimkan uang sebesar satu juta rupiah ke akun aplikasi dana miliknya. Namun karena saldo tidak mencukupi, pemilik konter hanya mengirim saldo sebesar 700 ribu rupiah.

setelah saldo dikirim, pelaku berusaha membuat lengah petugas konter, dengan berpura-pura bertanya tentang aksesoris hp, seperti adaptor cas, kabel hingga sim card. Namun setelah itu pelaku langsung menuju ke sepmor miliknya yang diparkirkan di dekat konter dan berusaha untuk melarikan diri.

Aksi pelaku, berhasil dihentikan oleh sejumlah pemuda yang sedang berkumpul di warung kopi di kawasan jalan tersebut, hingga pelaku terjatuh dan mengundang perhatian banyak orang.  Saat itu petugas konter langsung mengambil uang cash yang dipegang di tangan terduga pelaku.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengenakan masker serta menutup plat sepeda motor miliknya menggunakan selotip kertas.

Atas kejadian tersebut,  pelaku diamankan ke Mapolsek Banda Sakti Polres Lhokseumawe untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Kasus tersebut akhirnya berakhir damai di Polsek Banda Sakti. Pelaku mengakui perbuatannya yang telah melakukan penipuan dengan modus transfer ke aplikasi dana dan meminta maaf kepada pemilik konter.

Editor : Didik Ardiansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network