Waspada!!! Ini Modus Baru Penipuan, Mengaku Tersinggung dan Sebar Link, Ini Penjelasanya

KHAIROL AZMI.AR
SWASPADA!!!, Modus Baru Penipuan Berkedok Link Chat di WA - Foto: iNews.id

KUTARAJA, iNewsKutaraja.id - Waspada!!! Beredar informasi terkait Modus Baru penipuan melalui pesan WhatsApp yang harus kita waspadai agar terhindari menjadi kroban. Modusnya adalah mengaku tersinggung dengan unggahan di sosial media. Berikut iNewsKutaraja.id, merangkum dari berbagai sumber tentang 8 lewat chat yang bikin was-was, Senin (17/4/2023).

Di era globalisasi yang begitu canggih, dan sangat berkembang seiring dengan perkembangan media sosial yang modus seperti ini kian meningkat, dengan adanya media sosial, penipu bisa semakin gencar sehingga lebih leluasa melancarkan aksi penipuannya.

Penipuan kini sudah marak terjadi dimasyarakat. sehingga untuk mengantisipasi menjadi korban penipuan, perlu diingat agar tetap berhati-hati dan lebih teliti ketika mendapat pesan dari nomor baru berupa chat (pesan WhatsApp) berupa link

Dalam melancarkan aksinya menipu korban, Penipu tersebut mengirimkan link dan meminta kita mengecek link tersebut. Jika unggahan tidak dihapus, dia mengancam akan melaporkan ke polisi dengan membawa UUD dan UU MIG.

Beberapa bukti telah iNewsKutaraja.id rangkum, agar masyarakat lebih berhati hati. Untuk menghindari kejadian tersebut masyarakat harus bisa bersikap cerdas dan tidak langsung percaya apabila ada link atau tautan yang dikirimkan oleh nomor yang tak dikenal dengan arahan yang tak masuk akal.

Pada pesan WhatsApp, Sekilas link yang dikirim pelaku tampaknya mengarah ke Instagram. Namun, jika kamu login Instagram menggunakan link ini, data-data pribadimu akan langsung diambil oleh penipu tersebut.

Lantaran semakin mengkhawatirkan, informasi soal modus penipuan lewat aplikasi chattingan ini sudah tersebar di beberapa platform media sosial, Yuk, sebarkan konten ini supaya tidak ada orang terdekatmu yang menjadi korban penipuan.

ikutu juga media sosial iNewsKutaraja.id lainnya disini

1). https://www.instagram.com/inewskutaraja/

2). https://www.tiktok.com/@inewskutaraja.id

3). https://www.youtube.com/@iNewsKutaraja/about

4). https://www.inews.id/apps

 

Editor : Khairol Azmi.AR

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network