Pj Bupati Aceh Jaya Ungkap Pemberian Lahan Bagi Masyarakat Miskin Dan Kombantan GAM Dari Pemerintah

KHAIROL AZMI.AR
Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin - Foto: iNews.id

CALANG, iNewsKutaraja.id - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan membagikan lahan perkebunan untuk 3.090 Kepala Keluarga (KK) berstatus keluarga miskin ekstrem dan kombatan GAM di daerah tersebut. Pembagian lahan pertanian dan perkebunan tersebut dilakukan untuk menanggulangi kemiskinan dan memacu pertumbuhan ekonomi Di Kabupaten Aceh Jaya, Senin (17/4/2023).

"Dengan program redistribusi lahan tersebut kita harapkan masyarakat miskin ekstrem dapat memiliki dan mengelola lahan secara mandiri. Dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya," kata Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin dalam keterangannya, Senin, Senin (17/4/2023).

Kata Nurdin, ada 7.527,81 hektare lahan telah dipersiapkan dan lahan tersebut tersebar di semua Kecamatan di Aceh Jaya. Lokasinya di bekas lahan pelepasan HGU, lahan bekas pelepasan HPH, dan lahan bekas APL transmigrasi.

"Namun demikian ada tahapan yang sedang kita lakukan saat ini yaitu pendataan dan verifikasi. Hal ini untuk memastikan bantuan yang disalurkan nantinya tepat sasaran," kata Nurdin.

Pendataan dan verifikasi juga sebagai upaya mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan terjadi pasca pembagian lahan nantinya.

"Kita berharap pembagian lahan untuk warga miskin dan eks kombatan GAM bisa menciptakan sentra-sentra ekonomi baru, mengurangi pengangguran, melalui sektor perkebunan dan pertanian," harap Nurdin.

Dari total 3.090 penerima, 723 diantaranya adalah kombatan GAM, tahanan politik/narapidana politik dan korban konflik.

Editor : Khairol Azmi.AR

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network