Azhari, Sosok Kakanwil Kemenag Baru Provinsi Aceh

KHAIROL AZMI.AR
sosok Drs Azhari, Mentri Agama Provinsi Aceh - Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsKutaraja.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi melantik Azhari sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh di Ruang OR Kantor Kemenag di Jakarta, pada Selasa (9/5/2023). 

Azhari terpilih untuk memimpin Kemenag Aceh setelah mengikuti seleksi terbuka sesuai dengan pada prosesi pelantikan Azhari digelar di Ruang OR Kantor Kemenag di Jakarta beberapa waktu lalu. dirinya dilantik bersama sejumlah pejabat eselon 2 Kemenag lainnya serta rektor.

Didalam penetapan Azhari sebagai Kemenag Aceh ini, Penetapan pejabat eselon di lingkungan Kemenag dilakukan melalui seleksi terbuka. Ada 18 orang yang mencalonkan diri sebagai Kakanwil Kemenag Aceh.

Azhari mengaku tidak pernah membayangkan akan ditunjuk menjadi Kakanwil Kemenag Aceh. Menurutnya, dilantik sebagai Kakanwil merupakan amanah besar yang diberikan kepadanya oleh Menteri Yaqut.

"Bismillahirrahmanirrahim, dengan punyi syukur dan rahmat dari allah yang maha esa, Alhamdulillah ini merupakan amanah yang harus saya emban dengan sebaik-baiknya. Mohon dukungan dari semua pihak agar kita dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya terutama menyangkut dengan pelayanan di bidang keagamaan," kata Azhari dalam keterangannya.

Sebelum dilantik menjadi Kakanwil, Azhari pernah menjabat sejumlah jabatan di Kemenag Aceh. Dia mengawali karir sebagai guru dan terakhir dipercaya sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Kabid Urais).

"Dulu sebelum menjadi PNS punya cita-cita untuk menjadi guru dan orang yang berguna untuk bangsa dan agama," Ujarnya pada iNewsKutaraja.id.

"Sebagai pegawai kita bertugas memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Namun jabatan yang kita emban merupakan amanah yang harus kita jaga dan laksanakan dengan sebaik-baiknya," Sambungnya.

Berikut ini ulasan lengkap biodata, sosok Mentri Agama baru provinsi aceh :

Nama: Drs Azhari
Lahir : Idi Cut 6 Januari 1968
Kuliah: IAIN Ar-Raniry Banda Aceh

  • Jejak Karirnya
  1. Guru Fiqh MAN 1 Kota Sabang Provinsi Aceh pada tahun 1999-2007.
  2. Kepala Seksi Penamas Kemenag Sabang (2007-2009).
  3. Kasi Mapenda Kemenag Sabang (2009-2013).
  4. Kasi Pendidikan Agama Islam Kemenag Sabang (2013-2015).
  5. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Sabang (2015-2017).
  6. Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh (2017-2022).
  7. Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh tahun 2022 hingga sebelum dilantik sebagai Kakanwil.


Editor : Khairol Azmi.AR

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network