Geger Kemunculan Seekor Buaya Muara di Krueng Teunom, Hingga Jadi Tontonan Warga

KHAIROL AZMI.AR
Kemunculan Buaya Muara di bantaran Krueng Teunom - Foto: iNews.id

ACEH JAYA, iNewsKutaraja.id - Viral sebuah video berdurasi 30 detik yang memperlihatkan Kemunculan buaya muara yang berjemur hingga menjadi tontonan warga setempat. lokasi peristiwa tersebut terjadi di Sungai (Krueng) Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Sabtu (15/04/2023).

warga berbondong-bonddong datang kelokasi untuk melihat langsung penampakan buaya muara yang berukuran lebih kurang 5 meter itu nampak sedang berjemur di bawah jembatan teunom, Sungai yang luas di pantai barat selatan Aceh itu ada hubungan nya dengan Krueng (sungai) Tangse Kabupaten Aceh Pidie.

Kemunculan Buaya yang panjang diperkirakan sekitar 5 meter itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB berjemur di karang hamparan batu di pinggir sungai yang menjadi tontonan warga setempat, dikarenakan satwa ganas itu muncul di perairan dekat permukiman warga.

“Pas tadi siang munculnya, banyak warga menonton tadinya, walaupun ada rasa takut juga beraktivitas di sungai apalagi kalau lihat buayanya yang cukup besar,” kata Fikar salah seorang warga Teunom yang menyaksikan kemunculan Buaya Muara itu.

Keterangan warga sekitar, buaya tersebut memang sudah biasa menampakkan diri di setiap tahunnya tapi beda dengan tahun-tahun ini, predator yang satu itu sudah berulang kali menampakkan diri, sebelumnya ada dua ekor, hari ini muncul satu ekor.

“Kejadian ini bukan pertama kali Bang, apalagi di sungai Teunom ini emang ada sejarahnya buaya, mungkin tidak semua orang pernah melihat, namun setahun ini sudah menjadi tontonan,” ungkap Fikar.

"Beberapa waktu yang lalu ada dilakukan tradisi adat (Kenduri) oleh Abati yang meminta lihat Crocodile yang satu itu, menampakkan diri dipermukaan sebentar kepada Abati (sebutan ulama), setelah itu pada tahun ini sudah sering nampak, apa pertanda tidak tahu, mungkin akibat perubahan iklim,” tutup Zulfikar.

 

Editor : Khairol Azmi.AR

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network