get app
inews
Aa Read Next : Peuayon Aneuk (Menidurkan Anak) Di Pekan Kebudayaan Aceh Budaya Yang Masih di Jaga

Ribuan Masyarakat Aceh Antusias Menyaksikan Pawai Peserta Pekan Kebudayaan Aceh

Senin, 06 November 2023 | 23:53 WIB
header img
Beragam Seni dan Kebudayaan dari 23 Kabupaten dan Kota Se Aceh Tampil Memukau Masyarakat Dalam Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh Ke 8 Tahun 2023 (foto: Dani syah/ inews.id)

​​BANDA ACEH, iNewsKutaraja.id - Pawai Budaya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang diikut 23 kabupaten dan kota berlangsung semarak, pada Minggu (5 November 2023) dimana Pawai akbar yang diikuti oleh 23 Kabupaten dan Kota dan menampilkan 2.025 peserta yang tampil mengenakan baju adat dari masing-masing daerah. 

Antusias masyarakat pun sangat tinggi melihat pawai yang hadir dengan beragam adat dan budaya Aceh dari tampilan kontingen dari 23 kabupaten dan kota.

Adapun Pelepasan peserta pawai budaya secara resmi dilakukan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh.

Dimana sebelum dilepas, peserta kontingen menjalani prosesi adat Peukru Seumangat oleh Wakil Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Syeh Marhaban, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk. Muhibbuthabary dan Imam Besar Mesjid Raya Baiturrahman, Azman Ismail.

Adapun rute Pawai dimulai dari Lapangan Blang Padang, kemudian melewati Tugu Simpang Jam, Jalan Tengku Abu Lam U, Jalan Mohammad Jam, Jalan Syech Muda Wali, Jalan Prof A Majid Ibrahim II, dan berakhir kembali di Lapangan Blang Padang.

Pawai dilaksnakan dengan berbagai keragaman adat yang ditampilkan, dan dari pantauan iNewsKutaraja.id Pawai PKA kali ini sangat memukau masyarakat dimana banyak yang tampil dengan performa terbaik seperti iringan pasukan srikandi, iringan pejuang kemerdekaan, pejuang kerajaan tempo dulu lengkap dengan pedang dan kuda.

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut