get app
inews
Aa Read Next : Peuayon Aneuk (Menidurkan Anak) Di Pekan Kebudayaan Aceh Budaya Yang Masih di Jaga

Pawai Idang Talam Meriahkan Kegiatan Aceh Ramadhan Festival 2023

Kamis, 13 April 2023 | 01:35 WIB
header img
Kegiatan Pawai Idang Talam menjadi bagian keseruan Aceh Ramadhan Festival 2023 di Pelataran Masjid Baiturahman, Kota Banda Aceh, Rabu 12 April 2023 (foto: istimewa)

BANDA ACEH, iNewsKutaraja.id - Puluhan Pemuda dan Pemudi Aceh dengan bangga menghidang Talam Aceh (idang talam) yang berisikan makanan pembuka puasa di ajang Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) yang dilaksanakan di Pelataran Masjid Baiturahman, Kota Banda Aceh, Rabu (12 April 2023.

“Perjalanan Spiritual di Serambi Mekkah”, yang menjadi dasar tema pada Aceh Ramfest 2023 ini menarik perhatian masyarakat yang datang berkunjung ke area Masjid Baiturahman.

Kegiatan yang digagas Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) ini juga sebagai bentuk kampanye menyongsong Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII yang akan dihelat pada Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal menuturkan event Aceh Ramadhan Festival akan bertransformasi menjadi sebuah event religi yang sangat khas dan menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Mekkah.

“Rangkaian Aceh Ramfest tahun ini lebih menitikberatkan pada berbagai pengalaman, kajian keagamaan dan pelestarian tradisi dan budaya yang melekat pada bulan Ramadhan, sehingga diharapkan menjadi daya tarik wisatawan nusantara dan mancanegara,” ujar Almuniza.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari disebutkan Almuniza menjadi sebuah kegiatan sebagai event terbaik  nasional dan masuk ke dalam Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. 

“Aceh Ramadhan Festival tahun ini akan diselenggarakan secara kolaboratif. Kami akan berkolaborasi dengan UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Pemkot Banda Aceh, dan Kemenparekraf RI, serta juga sudah meminta arahan atau nasihat dengan MPU Aceh untuk kesuksesan Ramfest 2023,” ucapnya.

Kegiatan Idang Talam (membawa talam) merupakan ciri khas masyarakat Aceh tempo dulu, dimana setiap masyarakat membawa talam-talam ke masjid disaat bulan Ramadhan.

Aceh Ramadhan Festival yang diselenggarakan pada hari rabu juga diisi oleh semarak meuzike yang dilaksanakan oleh santri dan siswa sekolah yang ada di Kota Banda Aceh.

Editor : T Dani

Follow Berita iNews Kutaraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut