get app
inews
Aa Read Next : Semburan Mirip Lumpur Lapindo Terjadi di Lingkungan Pasantren Nurul Amaliah, Mempawah

Polisi Selidiki Video Viral Pemuda Pengganti QR Kode Kotak Amal di Masjid

Senin, 10 April 2023 | 17:31 WIB
header img
Video Viral Memperlihatkan Seorang Pemuda Menggantikan QR Kode dikotak amal disebuah Masjid di Jakarta Selatan (foto: tangkapan Media Sosial)

JAKARTA, iNewsKutaraja.id - Sebuah video viral dimedia sosial memperlihatkan aksi seorang pria diduga mengganti QR kotak amal di sebuah masjid di Jakarta Selatan. Kini polisi tengah menelusuri lebih lanjut peristiwa tersebut.

"Polsek Kebayoran Baru sudah berkoordinasi dengan pihak masjid dan akan kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," ujar Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Tribuana Roseno pada wartawan, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, polisi tengah mencari saksi untuk meminta keterangan lebih lanjut. Polisi juga bakal memeriksa rekaman CCTV yang ada di lokasi kejadian, hanya saja sejauh ini belum ada laporan.

"Pihak masjid belum mambuat laporan. QR code sudah diganti," tuturnya.

Sementara itu, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri bakal menindaklanjuti kasus dugaan kejahatan siber bermodus menggantikan Kode Qris atau QR Code pada kotak amal masjid di Jakarta Selatan.

"Kita tindak lanjuti," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar saat dihubungi, Senin (10/4).

Diketahui, aksi pelaku terekam kamera dan viral di media sosial. Memperlihatkan seorang mendatangi kotak amal di masjid. Dia lalu menempelkan stiker QR code di atas kotak amal tersebut.

Stiker QR code biasanya dipakai untuk warga yang ingin mentransfer uang. Warga cukup melakukan scan QR code untuk memindahkan dananya ke pihak lain.

Editor : T Dani

Follow Berita iNews Kutaraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut