get app
inews
Aa Read Next : Kasdam IM Tinjau Pembangunan Gedung Alat Medis RS Kesrem TNI-AD Tingkat III

Setelah 16 Bulan Bertugas di Papua, Satgas Yonif 115/ML Disambut Hangat di Bumi Serambi Mekkah

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 20:19 WIB
header img
Kepulangan Satgas Yonif 115/ML disambut dengan upacara tradisi satuan, dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) Iskandar Muda, Brigjen TNI Ayi Supriatna, di Pelabuhan Kreung Geukeh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (17/08/2024).

Aceh Utara.Kutaraja.iNews.id - Sebanyak 450 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 115/Macan Leuser purna tugas Tiba di Aceh, setelah selesai melaksanakan misi Satuan Tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia dengan Papua Nugini (RI-PNG) selama setahun lebih.

Kepulangan Satgas Yonif 115/ML disambut dengan upacara tradisi satuan, dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) Iskandar Muda, Brigjen TNI Ayi Supriatna, di Pelabuhan Kreung Geukeh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (17/08/2024).

Dalam amanat Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Niko Fahrizal, yang dibacakan Kasdam IM, Brigjen TNI Ayi Supriatna, mengatakan, apresiasi kepada personel Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif 115/ML yang telah melaksanakan tugas dengan dedikasi, tanggung jawab, dan menjaga nama baik Kodam Iskandar Muda.

"Selamat datang kembali di Bumi Serambi Mekah. Bagi prajurit, keberhasilan dalam melaksanakan tugas operasi merupakan kehormatan dan kebanggaan, karena telah mengabdikan jiwa dan raganya kepada bangsa dan negara," sebutnya.

Kebanggaannya, sambung Kasdam, atas semangat, motivasi tinggi, dan disiplin yang ditunjukkan oleh para prajurit Yonif 115/ML selama penugasan, yang merupakan roh bagi setiap prajurit Sanggamara sejati di mana pun mereka bertugas.

"Atas keberhasilan ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personel Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif 115/ML atas pelaksanaan tugas serta Dharma Bakti yang telah diberikan," tuturnya.

Selain itu, kepada sejumlah wartawan, Kasdam menyampaikan, satuan tugas nantinya akan melakukan konsolidasi dan meningkat latihan bergabung bersama rekan-rekan yang ada disatuannya, sehingga tugas-tugas dimasa mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

“Alhamdulillah mereka berangkat dan kembali dengan selamat, mudah-mudahan harapan kita di Tahun 2026 kedepan, mereka bisa dipercayakan pimpinan TNI-AD untuk melaksanakan penugasan diluar negeri,” harapnya.

Sebagai informasi, Batalyon Infanteri (Yonif) 115/Macan Leuser merupakan satuan tempur di bawah Korem 012/TU yang berlokasi di Desa Pasi Asahan, Kecamatan Pasi Raja, Kabupaten Aceh Selatan.

Selain Kasdam, upacara penyambutan turut dihadiri antara lain, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Ali Imran, Danrem 012/TU, Kolonel Inf Deni Gunawan, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, PJU Kodam IM dan jajaran, serta tamu undangan Forkopimda Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara yang hadir.

Para prajurit Macan Leuser tiba kembali di Provinsi Aceh melalui Pelabuhan Krueng Geukueh, Aceh Utara, menggunakan Kapal KRI Teluk Calang 524 mengangkut sebanyak 450 personel TNI di bawah pimpinan Dansatgas Letkol Inf Raden Herman Sasmita.

Diakhir kegiatan, Komandan Korem 012/TU, Kolonel Inf Deni Gunawan, memberikan penghargaan serta apresiasi kepada 450 prajurit Yonif 115/ML yang telah bertugas di Papua selama kurang lebih 17 bulan dalam rangka operasi menegakkan Kedaulatan NKRI.

Editor : Didik Ardiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut