get app
inews
Aa Read Next : Penuhi Kebutuhan Masyarakat Aceh, Dunia Barusa Luncurkan All New Hilux Rangga

Gempa Berkuatan 6,2 Guncang Simeulue Aceh

Rabu, 29 Mei 2024 | 03:43 WIB
header img
Zulfadli, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue Memantau Pergerakan Gempa Melalui Layar Monitoring (Foto: Afsah/ Inews.id)

Simeulue, Kutaraja.inews.id -Gempa Bumi berkekuatan 6,2 skala richter menguncang kawasan Aceh, titik gempa berada 111 Kilometer Barat Daya Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh Dengan kedalaman 12 Kilometer terjadi pada Selasa Malam pukul 18.52 Menit atau tepat saat Azan Magrib berkumandang.

Walau dampak gempa belum dapat diketahui dan terasa mengayun selama beberapa detik terasa oleh Masyarakat di beberapa Kabupaten kota, antara lain di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya, dan Kota Banda Aceh.

Menurut analisa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Gempa yang terjadi pada Selasa malam merupakan jenis Gempa Bumi dangkal yang terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Bumi dikawasan tersebut.

Zufadli, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue seperti yang dikutip kepada Inews Aceh belum berdampak terjadinya kerusakan dikawasan sekitar atau yang berdekatan dengan lokasi titik gempa.

"Kita sudah monitor dikawasan pesisir hingga kepusat Pulau Simeulue, hingga saat ini masih terpantau terkendali dan aman, tidak ada laporan kerusakan rumah atau bangunan yang kita terima" ujar Zulfadli.

Namun demikian, Zulfadli tetap menghimbau agar warga masyarakat tetap waspada terlebih potensi Gempa susulan dapat terjadi sewaktu-waktu.

Dari pantauan Kutaraja.inews.id dibeberapa kota dan kabupaten yang terdampak akibat Gempa aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut