get app
inews
Aa Read Next : Keren: Hut Partai Perindo Ke 9, Bendera Nomor Urut 16 Ikut Berkibar di 23 DPD Kota Kabupaten Se Aceh

Selesaikan Kasus HAM di Aceh, Jokowi : Luka Ini Harus Segera Dipulihkan Agar Kita Bergerak Maju

Selasa, 27 Juni 2023 | 15:34 WIB
header img
Kunjungan Kerja Presiden Jokowi Ke Pidie Dalam Rangka Penyelesaian Non Yudisial Kasus Pelangggaran HAM di Aceh (foto: setkab)

PIDIE, iNewsKutaraja.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa korban dan keluarga korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat di Aceh telah mendapatkan bantuan dan pelatihan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat meluncurkan program pelaksanaan rekomendasi penyelesaian nonyudisial pelanggaran HAM yang berat di Aceh yang diselenggarakan di Rumoh Geudong, Kabupaten Pidie, Selasa (27/6/2023).

"Saya mendapatkan laporan dari bapak Menko Polhukam bahwa korban dan keluarga korban di Aceh telah mulai mendapatkan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kerja, jaminan hal untuk kesehatan, jaminan keluarga harapan dan perbaikan tempat tinggal serta pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya," kata Jokowi, Selasa (27/6/2023).

Jokowi menambahkan, dirinya bersyukur bisa mulai untuk merealisasikan pemulihan hak-hak korban pelanggaran HAM yang berat di 12 peristiwa yang sekaligus menandai komitmen bersama untuk melakukan upaya-upaya pencegahan.

"Agar hal serupa tidak akan pernah terulang kembali di masa-masa yang akan datang," kata Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan maksud kedatangannya ke Aceh yakni untuk memulihkan luka bangsa akibat pelanggaran berat HAM masa lalu yang mengakibatkan beban yang berat bagi para korban dan keluarga korban.

"Karena itu luka ini harus segera dipulihkan agar kita mampu bergerak maju. Dan pada awal bulan Januari yang lalu saya telah memutuskan bahwa pemerintah menempuh penyelesaian non yudisial yang fokus pada pemulihan hak-hak korban tanpa menegasikan mekanisme yudisial," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan kepada keluarga korban dikawasan lokasi Rumah Gedong, Kabupaten Pidie

Editor : T Dani

Follow Berita iNews Kutaraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut