get app
inews
Aa Read Next : Kerjasama Sebagai Wadah dalam Wujudkan Interprofessional Collaboration yang Efektif

Nelayan Aceh Timur Selamatkan 3 Nelayan Myanmar Yang Terombang Ambing Dilaut Aceh

Selasa, 18 April 2023 | 15:09 WIB
header img
3 Nelayan Asing Mynmar Di Selamatkan Nelayan Aceh Timur Yang Terombang Ambing Dilaut Aceh -Foto: iNews.id

ACEH TIMUR, iNewsKutaraja.id - Viral, detik-detik evakuasi 3 nelayan asing myanmar yang terdampar dilaut aceh menggunakan viral dimedia sosial. video berdurai 1 mnit 30 detik yang dikirimkan crew Anak Buah Kapal (ABK) KM Bintang Kambia pada Minggu (16/4/2023) Pukul 17.00 Wib, memperlihatkan nelayan aceh yang menyelamatkan 3 nelayan Myanmar diatas rakit bangbu yang terombanng ambing dilaut aceh.

Lokasinya di tengah laut (Area 07) yang berjarak sekitar 70 mil dari Meureudu Pidie Jaya.

Tiga nelayan asing ini diduga berasal dari Myanmar. untuk data sementara yang dikutif iNewsKutaraja.id, 3 nelayan myanmar tersebut ialah Saylux (26), Mexco (39), serta Sunyunwien (40). 

Hal ini dibenarkan oleh Ahyar (48) pemilik Kapal Motor (KM) Bintang Kambia, warga Gampong Seuneubok Baroh Idi Cut, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. 

"Pada saat sebelum bertemu 3 nelayan Myanmar yang terdampar, kami sedang dalam perjalanan pulang ke Idi Cut, Aceh Timur. dalam proses penyelamatan, kami seluruh crew langsung membanttu evakuasi 3 nelayan tersebut keatas kapal yang dibantu oleh seluruh Anak Buah Kapal (ABK)," Ujar Ahyar pada iNewsKutaraja.id

Kapolsek Darul Aman, AKP Teuku Syahril membenarkan bahwa pihaknya siang tadi menerima informasi tentang keberadaan warga asing yang terapung di lautan sekitar pukul 12.30 WIB.

"Kami mendapat informasi dari kapal nelayan KM Kambia milik Akhiyar alias Toke Alee, ada tiga orang warga negara asing yang diselamatkan di tengah laut di atas rakit," katanya kepada iNewsKutaraja.id saat dikonfirmasi, Selasa (18/4/2023)

Bahkan, pemilik kapal menemukan ketiganya dalam kondisi yang memprihatinkan. Nelayan yang menemukan tiga korban ini pun segera merapat ke TPI Kuala Idi Cut.

"Kata mereka akan segera merapat ke TPI Kuala Idi Cut agar bisa mendapatkan pertolongan medis terhadap ke tiga orang asing itu," Ungkapnya.

Dari informasi itulah, polisi langsung menuju ke lokasi yang dimaksud untuk mengevakuasi korban ke rumah sakit.

"Tidak berselang lama ketiganya langsung kita evakuasi ke Rumah Sakit Zubir Mahmud untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," pungkasnya.

Sementara, Kasatpol PP Aceh Timur mengatakan, terkait dengan temuan warga asing ini pihaknya akan berkoordinasi dengan lintas sektor untuk langkah-langkah yang akan diambil.

"Besok kemungkinan kita akan melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi serta pihak berwenang lainnya," ucapnya saat dihubungi terpisah.
 

 

Editor : Khairol Azmi.AR

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut