get app
inews
Aa Read Next : Pelajar Islam Indonesia Aceh Berharap Kaum Milenial Dapat Peran Penting Dalam Pelaksanaan Pemilu

Kuliner Aceh : Sambai Oen Peugaga Diburu Karena Makanan Wajib berbuka Puasa Orang Aceh

Sabtu, 25 Maret 2023 | 17:48 WIB
header img
Sambai Oen Peugaga Menjadi Kuliner Yang Paling Laris diburu Warga Aceh Saat Bulan Ramadhan (foto: inews.id/ dani syah)


Karena masyarakat Aceh zaman dahulu percaya makanan seperti lalapan daun-daun bisa memberikan dampak bagus bagi tubuh.
Adapun daun-daun yang diracik dalam resep Sambai Oen Peugaga antara lain adalah, daun tapak lembar, kemangi, daun jambu, daun mangga, daun ubi-ubian, dan beberapa kelopak bunga seperti bunga kana merah.

Jika syarat membuat oen pegaga dulunya mencapai 44 jenis daun dan harus lengkap namun seiring jaman, ada beberapa jenis daun yang sudah langka diperoleh, dan pembuatan nyapun terpaksa dikurangi.
"Dulu itu memang spesifik ada 44 daun. Sekarang beberapa di antaranya sudah susah kami dapatkan. Sekarang mungkin cuma ada sekitar 40 daun saja," kata dia.

Cara mengolah Sambai Oen Peugaga boleh dibilang gampang-gampang susah. Pertama kita harus mengiris halus daun-daun yang telah dikumpulkan.

Setelah itu daun-daun itu kemudian diuap sekitar lima menit, setelah diUap, selanjutnya daun-daun itu diremas hingga keluar cairan dan kemudian ditiriskan. Setelah agak kering, baru irisan daun diaduk dengan bumbu yang telah disiapkan seperti oseng kelapa parut, cabai rawit, dan resep bumbu rempah sebagai penambah gurih.

Setelah olahan tercampur rata, Sambai Oen Peugaga pun siap disajikan. Untuk mempercantik hidangan, sajian lalapan urap kering itu ditaburi dengan irisan daun jeruk nipis, potongan cabai merah, serai, dan bunga daun pepaya.

Dan biasanya untuk menyatap Sambai Oen Peugaga, masyarakat menjadikan teman santap nasi untuk memperkaya rasa gurih dan pedas layaknya urap kering. Racikan dedaunan itu sedikit sepat dan sarat akan serat ketika dikunyah di dalam mulut.

Nah bagi anda yang kebetulan berada di Aceh, tertarik mencoba Sambal Daun Peugaga (sambai oen peugaga) jangan lupa membeli nya di kawasan pusat kuliner ramadhan di samping  masjid Baiturahman Banda Aceh, dijamin anda akan ketagihan.

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut