get app
inews
Aa Read Next : Merchandise Resmi PON Aceh-Sumut Diminati Masyarakat

Alhamdulillah, Muzakir Manaf dan Fadhlullah Mendapatkan Dukungan Ribuan Nelayan di Lampulo

Rabu, 11 September 2024 | 14:53 WIB
header img
Abon Arongan Meupeusijuk Muzakir Manaf dan Fadhlullah Setelah Mendapatkan Dukungan Dari Kaum Nelayan dan Panglima Laot (Foto: Dani Syah/ inews.id)

Banda Aceh, Kutaraja.inews.id -Ribuan nelayan dan masyarakat antusias mengikuti acara pelantikan Pengurus Panglima Laot Krueng Raya beserta stafnya yang diadakan dikawasan TPI Lama Lampulo, Kota Banda Aceh pada Selasa siang (10 Juli 2024).

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Calon Gubernur Aceh Muzakir Manaf dan Fadhlullah Calon Wakil Gubernur Aceh dan Tokoh Ulama Aceh Abu Arongan dan Abu Muhammad Ismi dan usur pemerintah kecamatan dan desa setempat.

Dalam kesempatan acara yang di gagas oleh Tokoh Kelautan dan Perikanan Aceh, Abu Bakar (Cek Bakat), sempat menyampaikan beberapa pesan kepada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari Partai Aceh dan beberapa Partai Koalisi Nasional langsung direspon oleh Mualem.

Setelah mendapatkan peusijuk dan tepung tawar dari ulama Aceh, dalam kesempatan itu Muzakir Manaf akan memenuhi permintaan dari Nelayan, dan pihaknya jika terpilih nanti justru akan meningkatkan kesejahteraan kaum Nelayan dengan mengadakan sebuah Kapal Roro yang bisa membawa hasil Bumj asal Aceh ke Malaysia.

"Dulu saya pernah ingin membeli sebuah Kapal yang bisa membawa hasil Bumi Aceh secara langsung ke Malaysia dan disana pembeli sudah siap bertransaksi dan mereka juga adalah orang Aceh yang tinggal disana dan ini menguntungkan Aceh pastinya, namun digagalkan keinginan saya waktu itu" ujar Mualem.

Adapun seperti yang kita ketahui, beberapa kewenangan Panglima Laot menjadi sebuah kekuatan kearifan Lokal Aceh yang sangat tinggi seperti Menentukan tata tertib penangkapan ikan atau meupayang, Menyelesaikan sengketa dan perselisihan yang terjadi di kalangan nelayan, Melakukan penyesuaian-penyesuaian adat, sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi

Dalam kesempatan pelantikan unsur Panglima Laot Lhok Krueng, sempat juga menggelar deklarasi dukungan kepada Muzakir Manaf dan Fadhlullah dengan harapan, kedepan jika terpilih sebagai Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf dan Fadhlullah bisa merealisasikan janji mereka kepada Nelayan se Aceh.

"Kami sudah pernah berharap dengan pejabat dan Gubernur Aceh sebelumnya, tidak satupun diantara mereka yang mempedulikan kami, dan kami berharap Mualem dan Dek Fad bisa menepati janji mereka nanti"ujar Cek Bakat yang merupakan Tokoh Perikanan dan Kelautan Aceh

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut