get app
inews
Aa Read Next : Demo Kejari Bener Meriah, Aktivis GMNI Sampaikan Tiga Tuntutan

Aktivis GMNI Gelar Aksi di Kejaksaan Negeri Bener Meriah

Jum'at, 03 Mei 2024 | 23:10 WIB
header img
Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Mendemo Kejaksaan Bener Meriah Yang Belum Menuntaskan Penyidikan Kasus Bansos Yang Diduga Disalahgunakan (Foto; Yusriadi/inews.id)

Bener Meriah, Kutaraja.inews.id - Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Bener Meriah, melakukan aksi di depan Kejaksaan Negeri Bener Meriah, 2/5/2024. 

Dalam seruannya, GMNI menuntut agar Kejaksaan Negeri Bener Meriah segera menindaklanjuti laporan dugaan penyalahgunaan dana bansos yang telah satu tahun berada dalam tahap penyelidikan.  

Penyelidikan ini dilakukan menyusul laporan dari masyarakat kepada Kejaksaan Tinggi Aceh pada 4 April 2023 yang kemudian dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Bener Meriah. 

Laporan tersebut menyoroti dugaan penyalahgunaan dana Program Perlindungan Sosial Dukungan Dunia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Penurunan Tingkat Inflasi Melalui Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan, dan Penyandang Disabilitas.  

Dana tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah sebesar Rp. 8.907.104.000 miliar dan Dana Transfer Umum sebesar Rp. 2.232.727.578 miliar pada Tahun Anggaran 2022 di Pemerintah Kabupaten Bener Meriah. 

Laporan tersebut menduga adanya ketidaksesuaian data penerima bantuan sosial (Bansos) dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Bener Meriah, serta potensi penyelewengan anggaran dalam pelaksanaan program tersebut.  

Selain itu, juga ada dugaan bahwa beberapa kegiatan di SKPK dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Aksi demo ini diharapkan dapat menjadi tekanan moral bagi pihak kejaksaan untuk mempercepat proses penanganan kasus ini serta memberikan keadilan bagi masyarakat yang menjadi korban dari dugaan penyalahgunaan dana tersebut.

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut