get app
inews
Aa Read Next : Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya Menyambut Kedatangan Presiden Joko Widodo

PLN NP PLTGU Muara Karang Jadi Yang Pertama di Indonesia Melantai Di Bursa Karbon

Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:10 WIB
header img
Hampir Satu Juta Karbon Siap di Pasarkan pada Bursa Karbon Indonesia melalui PLN NP PLTGU Muara Karang (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutaraja.id- PLN Nusantara Power (PLN NP) siap menjadi garda terdepan untuk mendukung pemerintah dalam menghindarkan emisi dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia. Melalui Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) yang telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI),  PLN Nusantara Power akan segera menjadi PLTGU pertama yang melantai ke bursa karbon Indonesia pada Oktober 2023.

Ruly Firmansyah, Direktur Utama PLN NP mengatakan sebagai bagian dari PLN Group, PLN NP akan terus mendukung transisi energi dengan berperan aktif menghindarkan emisi pada bursa perdagangan karbon untuk mencapai Net Zero Emission.

“Hampir 1 juta ton CO2 yang akan diperdagangkan dan PLN NP siap menjadi trader terbesar di bursa karbon” ungkap Ruly.  

Pencapaian reduksi emisi GRK dari PLTGU Blok 3 telah diverifikasi dan divalidasi oleh Lembaga Terakreditasi dan KLHK. PLN NP melalui Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Blok 3 Muara Karang yang telah memperoleh Sertifikat Penurunan Emisi (SPE) pertama di Indonesia dan menjadi unit pembangkit berbahan bakar gas pertama di Indonesia yang masuk ke bursa karbon. Hal ini tidak luput dari kolaborasi melalui metodologi aksi mitigasi sektor energi yang diterbitkan oleh EBTKE Kementerian ESDM. 

"Hal ini merupakan buah kerja keras, kerja cerdas, serta inovasi seluruh karyawan kami di PLTGU Muara Karang sehingga menjadi yang pertama di Indonesia dalam mendapatkan SPE dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)" tambah Ruly. 

Editor : T Dani

Follow Berita iNews Kutaraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut