get app
inews
Aa Read Next : Lagi, Ladang Ganja di Aceh Utara Seluas 4,5 Hektar Berhasil di Temukan dan di Musnahkan Oleh BNN

TNI Bersama Tim Gabungan Temukan dan Musnahkan 8,9 Hektare Ladang Ganja di Nagan Raya

Selasa, 11 April 2023 | 15:18 WIB
header img
TNI Temukan Ladang Ganja di Kawasan Pegunungan Beutong Ateuh, Nagan Raya (foto: istimewa)

NAGAN RAYA, iNewsKutaraja.id - Komitemen Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam memberantas Narkoba kali ini diperlihatkan oleh Korem 012/Teuku Umar, Kodim 0116/Nagan Raya, Dennpom IM/2 Meulaboh bekerjasama dengan Badan Narkotika Narkotika Nasional (BNNK) Nagan Raya, BNN, Polres dan Kejaksaan Nagan Raya, seluas 8,9 hektar ladang ganja berhasil dimusnahkan Senin (10/4).

Komandan Kodim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Tony Setyo Widodo mengatakan lokasi ladang berada di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, dan masuk dalam hutan lindung Provinsi Aceh.

Untuk menyamarkan lokasi, jarak yang sangat jauh dari pemukiman membuat lokasi ini sulit ditemui. Ladang ganja sendiri dapat ditempuh dengan cara mendaki, sekitar lima hingga tujuh jam perjalanan.

Penemuan Ladang Ganja tersebut berawal dari informasi yang diperoleh Dantim Intelrem 012/TU Kapten Inf Rais, S.A.P., M.P.A. dari Dantim Bais TNI Mayor Inf Bambang KS tentang adanya ladang ganja di kawasan Hutan Lindung Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya. Minggu kemarin

Selanjutnya Danrem 012/TU, Kolonel Inf Riyanto, S.IP memerintahkan Dantim Intelrem 012/TU untuk melakukan pendalaman tentang kebenaran informasi tersebut dan sekaligus melaksanakan peninjauan ke medan latihan Proglatsiops Yonif 116/GS Rem 012/TU yang sudah direncanakan sebelumnya dengan melibatkan Binda Aceh, BAIS TNI, Deninteldam IM, Tim Intelrem 012/TU, Unit Inteldim 0116/NARA, Penrem 012/TU dan Yonif 116/GS.

Kemudian Tim Gabungan berangkat dari Makorem 012/TU langsung menuju ke Lokasi dengan kekuatan personel sebanyak 24 orang.

Dalam perjalanan menuju lokasi Tim Gabungan menemukan adanya tanaman Ganja yang sudah dipanen sebanyak 5 kg yang ditumpuk di dalam gubuk.

Kemudian Tim Gabungan Intelijen melanjutkan perjalanan menuju ke titik peninjauan pertama dan menemukan adanya Ladang Ganja yang sudah siap panen dengan luas ± 4.4 Ha. Dilanjutkan mantauan dengan menerbangkan drone dan ditemukan kembali Ladang Ganja yang sudah siap panen di dua lokasi yang berbeda yang pertama dengan luas ± 2.6 Ha dan yang kedua luas ± 1.9 Ha.

Setelah menemukan beberapa titik Ladang Ganja Danrem 012/TU langsung melaporkan hasil temuan tersebut kepada Pangdam IM.

Kemudian Danrem 012/TU berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, BNN Aceh dan Aparat Desa setempat terkait adanya temuan Ladang Ganja tersebut guna dilakukan penanganan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Atas penemuan Ladang Ganja ini, Komandan Kodim 0116 Nagan Raya, Letkol Inf Tony Setyo Widodo, mengajak masyarakat untuk sama-sama mencegah masuknya narkoba kedalam kampung, dan mencegah adalah salah satu bentuk ajaran agama Islam.

"Mari bergandengan tangan untuk memberantas narkoba di Aceh dan khususnya di Naganraya," ujar Tony menjelaskan

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut