get app
inews
Aa Read Next : Peserta Aceh International Orientering (AIO) lintasi Jalur Menantang Anoi Itam-Benteng Jepang

Penjual Mie Ayam di Kawasan Blower, Banda Aceh Menjadi Korban Aksi Penipuan Pesanan Bodong

Rabu, 05 Juni 2024 | 18:32 WIB
header img
Penjual Mie Ayam di Kawasan Blower Banda Aceh Menjadi Korban Penipuan Seorang Pembeli Fiktif Yang Mengaku Tentara (Foto: dani syah/ inews.id)

Banda Aceh, Kutaraja.inews.id - Modus penipuan dengan berpura-pura memesan dagangan dengan jumlah banyak untuk acara, kini mulai merebak di Banda aceh, dengan mengaku tentara, Ibu Sadinem (40 Tahun), seorang penjual mie ayam bakso di kawasan blower, menjadi korban penipuan dengan modus memesan mie ayam untuk acara dikawasan asrama neseu.

Menurut kejadian yang dialami oleh Sadinem terjadi pada Selasa siang (04 Mei 2023) pukul 03.30 sore hari, pelaku yang diperkirakan berusia 20 tahunan dengan menggunakan sepeda motor Mio Z warna merah putih dengan nomor Polisi BL 6187 A datang memesan mie ayam sebanyak 100 Box untuk kegiatan yang disebutkan berada di dalam komplek asrama tentara.

Karena percaya terhadap pelaku yang memperlihatkan tutur logat ala tentara korban percaya akan pesanan bodong yang diungkapkan oleh pelaku, namun saat menyebutkan bahwa pelaku butuh air mineral yang sekalian disajikan untuk acara yang akan berlangsung pada hari Rabu korban diminta mencarikan air minum mineral di pertokoan disekitar neseu.

Karena yakin akan mendapat order besar, korbanpun meminta kepada anak korban untuk ikut dengan pelaku mencari air mineral sembari membawa uang senilai Rp900 ribu rupiah.

"Saya percaya saja saat pelaku mengatas namanya tentara karena memang mie ayam saya sering dipesan dalam jumlah banyak untuk acara-acara" jelas Sadinem.

Naas saat diikuti oleh anak korban untuk mencari air mineral yang dimaksud, pelaku justru meminta uang yang dibawa sang anak korban dengan dalih saya pesan di toko yang didepan asrama karena alasan sudah berjanji dan meminta korban untuk menunggu didepan asrama tni neseu.

Namun naas, berjam-jam menunggu dan bertanya kesana disekitar kawasan asrama neseu, justru korban mendapat fakta bahwa banyak korban yang juga pedagang seperti tukang sepatu, gorden, dan banyak lainnya juga sebelumnya di kerjain oleh pelaku di ajak ke kawasan pemukiman asrama tni neseu dan di tinggal oleh pelaku setelah uang korban diambil.

"Saya akhirnya melaporkan kejadian penipuan ini ke Polsek Baiturahman di Neseu dan oleh petugas menerima laporan saya dan menceritakan bahwa pelaku sudah banyak menjerat korban dengan berpura-pura memesan dagangan dengan jumlah banyak.

Aiptu Hermawan, Kanit reserse Polsek baiturrahman saat di konfirmasi Kutaraja.inews.id membenarkan bahwa adanya masuk laporan dari warga yang mengaku menjadi korban dari orang yang mengaku tentara

"Ya kita sudah menerima informasi bahwa adanya orang yang mengaku dan melakukan aksi penipuan dengan kedok mengaku tentara, dan telah kita pantau beraksi dengan korban kebanyakan para pedagang, semoga secepatnya pelaku kita bekuk" ujar Hermawan kepada Kutaraja.inews.id 

 

 

 

 

 

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut