get app
inews
Aa Read Next : Alhamdulillah Bus Trans Koetaradja Tersedia Selama Perhelatan PKA-8

Menyambut 1 Muharram Ratusan Santri Dayah Istiqamatuddin Nahdatul Huda Melakukan Pawai Obor

Rabu, 19 Juli 2023 | 12:14 WIB
header img
Ratusan Santri Dayah Istiqamatuddin Nahdatul Fati Huda, Teumpok Teungoh, Kota Lhokseumawe Melakukan Pawai Obor Sembari Bershalawat (foto: istimewa)

LHOKSEUMAWE, iNewsKutaraja.id - Menyambut 1 Muhamarram 1445 Hijriah beragam cara seperti di Kota Lhokseumawe masyarakat ikut merayakan bersalawat dan berkeliling pawai yang diiringi obor salah satunya dilaksanakan oleh Ratusan santri Dayah Dayah Istiqamatuddin Nahdatul Fati Huda, Malam (18,7,2023). 

Pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah yang jatuh pada 19 Juli 2023 menjadi pemandangan unik dimana santri dengan berjalan kaki disertai Penerangan dari Obor dari batang bambu yang diiringi Shalawat Nabi.

Menurut Warga, adanya pemandangan pawai ini menarik perhatian warga karena menjadi menarik dalam menyambut hari besar Islam di Aceh.

"Alhamdulillah kami senang dengan adanya pawai obor 1 Muharram ini karena bisa sekaligus bersholawat bersama dengan santri-santri dayah" ujar Marzuki.

Sementara itu di Gampong Krung Batee, Kabupaten Abdya, masyarakat melaksanakan Shalawat bersama dalam menyambut 1 Muharram. 

Dari informasi yang diterima Redaksi INewsKutaraja.id Warga mendirikan sebuah tenda dan berkumpul bersama-sama untuk bersyukur dalam menyambut tanggal masuknya awal hari di Tahun Islam.

"Kami melaksanakan dengan bershalawat dan mendengarkan ceramah yang diakhiri doa bersama oleh ulama setempat" ujar Heri.

Sementara itu, di Kota Banda Aceh, sejak pademi melanda, kegiatan pawai dalam rangka menyambut bulan Muharram sudah ditiadakan dan diganti dengan mengadakan tausiah dan doa bersama di dalam Masjid seperti yang dilaksanakan di Masjid Baiturahman.

"Pawai masih kita tiadakan, dan memperingati 1 Muharram ini kita laksanakan dengan mendengar tausiyah di dalam Masjid Raya," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Saifan Nur

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut