get app
inews
Aa Read Next : Ayo Kita Mencoba Makanan Khas Aceh, Sambai Oen Peugaga

Kuliner Aceh : Lemang Yang Gurih Sajian Berbuka Puasa

Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:58 WIB
header img
Lamang, Kuliner yang paling diburu saat berbuka puasa (foto: inews.id/ dani syah)

BANDA ACEH, iNewsKutaraja.id - Bicara bulan Ramadan pasti anda akan mencari sajian makanan khas untuk berbuka, nah bagi anda yang kebetulan berada di Aceh, anda perlu mencicipi makanan khas berbuka asal Aceh, yakni Lemang.

Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak menggunakan seruas bambu cukup banyak peminatnya saat bulan Ramadhan tiba.

Hal ini dikarenakan Lemang menjadi santapan khas masyarakat Aceh sejak jaman kerajaan Aceh dahulu, terlebih menikmati Lemang bersama salai dari srikaya yang manis gurih.

Biasanya Lemang dalam wakru sehari-hari bisa dijumpai di warung-warung yang ada di Aceh. Masyarakat setempat biasanya menikmati lemang di warung kopi, dan lebih nikmat lagi jika ditambah dengan kopi telur kocok atau 'boh manoek weng'.

Namun pada bulan Ramadhan ini, Lemang dinimati dengan beragam sajian, ada yang menikmati bersama bumbu dapur seperti kari kambing atau selai dari srikaya yang manis.

Sama dengan pembuatan Lemang pada umumnya, Kuliner khas Tanah Rencong, Memiliki ciri khas yang menggoda, sehingga menggugah selera para penikmatnya. Adonan santan dan beras ketan yang menyatu dalam bambu-bambu buluh yang dibakar secara berderetan itu menciptakan aroma yang sungguh nikmat.

Nah bagi anda yang berkunjung ke Aceh jangan lupa mencicipi makanan khas kota 'Serambi Mekkah' ini.

 

 

Editor : T Dani

Follow Berita iNews Kutaraja di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut