get app
inews
Aa Read Next : Pelajar Islam Indonesia Aceh Berharap Kaum Milenial Dapat Peran Penting Dalam Pelaksanaan Pemilu

Keren, Rp530 Juta Berhasil dikumpulkan dan Disumbang Bagi Korban Gempa Turki

Minggu, 19 Maret 2023 | 15:16 WIB
header img
Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi bersama Germas Pidie Jaya Serahkan Dana Bantuan Rp530 Juta Lebih Untuk Korban Gempa Turki dan Suriah (Foto: inews.id/ dani syah)

BANDA ACEH, iNewsKutaraja.Id- Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bersama pengurus Gerakan Masyarakat (Germas) Pidie Jaya Peduli menyerahkan dana donasi dari Masyarakat untuk korban gempa bumi Turki dan Suriah melalui Pemerintah Aceh, di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Jumat siang (17/Marer/ 2023). 

Dana Donasi yang berjumlah Rp531Juta Lebih merupakan sumbangsih masyarakat Pidie Jaya dari 222 Gampong di 8 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten setempat. Selain donasi dari masyarakat juga ada donasi dari Instansi Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya.

Bantuan kemanusiaan masyarakat Pidie Jaya untuk Turki dan Suriah itu langsung diserahkan Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, kepada Pemerintah Aceh yang diterima langsung Ketua FPRB Aceh, Hasan Bangka. Penyerahan donasi tersebut ikut disakksikan oleh Fazli Husin, Ketua Germas Pijay Peduli, Kalaksa BPBD Pidie Jaya, Muhammad Nur, S.T dan sejumlah Pengurus Germas Pidie Jaya Peduli lainnya. 

Kepada Kutaraja.iNews.id Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, mengatakan, donasi yang kita serahkan hari ini merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan Germas Pijay Peduli dari masyarakat dan donasi dari instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten setempat. 

"Alhamdulillah, dana yang terkumpul setengah milyar lebih, sebut Waled panggilan akrab Said Mulyadi. 

"Donasi tersebut menindaklanjuti surat Gubernur Aceh guna membantu meringankan beban bagi korban Gempa Bumi Masyarakat Turki dan Suriah." 

Atas terkumpulnya donasi ini, Wabup Pidie Jaya berterimakasih kepada teman-teman Germas Pidie Jaya Peduli yang sudah bekerja keras dalam mengumpulkan dana kemanusiaan ini, pungkasnya.

Semetara itu, Ketua Germas Pijay Peduli Fazli Husin mengatakan, "sumber dana yang kita kumpulkan dari Pidie Jaya, pertama sumbangan dari masyarakat dan sumbangan dari instansi pemerintah yang dikumpulkan dari sejumlah dinas di lingkungan Pemerintah.". Kata Fazli

Adapun Sumbangan dari masyarakat Pidie Jaya sebesar Rp290.118.500,- dan Sementara sumbangan dari Pemkab Pidie Jaya yang dikumpulkan dari sejumlah ASN sebanyak Rp241.450.500,. 

Total sumbangan dari Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya sebesar Rp531.569.000,- atau terbilang Lima Ratus Tiga Puluh Satu Juta Lima Enam Puluh Sembilan Ribu Rupiah. 

Gerakan Donasi Korban Gempa Turki dan Suriah ini dilakukan mengingat jasa dari Pemerintah dan masyarakat Turki telah ikut berperan aktif dalam membantu rehabilitasi dan rekontruksi pasca gempa dan  tsunami Aceh. 

"Karena besarnya perhatian Turki pada Bencana Aceh, menjadi pemicu Germas Pijay Peduli ikut serta dalam menggalang dana untuk meringankan beban saudara tua kita yang diberada di Turki- Suriah, ujar Fazli.

 

 

Editor : T Dani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut